Kamis, 19 09 2019
  Yasonna: Indonesia Kini Memiliki Hukum Pidana Sendiri | Jokowi: Penjegahan Karhutla, Kita Lalai Lagi | Presiden Jokowi Tiba di Pekanbaru | Ketua KPK Lantik Cahya H Harefa sebagai Sekjend KPK | Jokowi: Tidak Boleh Diisi Politisi, Birokrat, dan Aparat Hukum | Pemerintah Kerahkan 50 Helikopter Untuk Padamkan Kebakaran Hutan di Riau
 
 
Kamis, 19/09/2019 - 03:53:19 WIB
RUU KUHP Dibahas Selama 4 Tahun
Yasonna: Indonesia Kini Memiliki Hukum Pidana Sendiri
Senin, 16/09/2019 - 17:12:08 WIB
Presiden Pimpin Retas Malam Hari di Pekanabru
Jokowi: Penjegahan Karhutla, Kita Lalai Lagi
Senin, 16/09/2019 - 12:47:22 WIB
Tengah Kabut Asap Kebakaran Hutan
Presiden Jokowi Tiba di Pekanbaru
Senin, 16/09/2019 - 06:03:09 WIB
Ketua KPK Lantik Cahya H Harefa sebagai Sekjend KPK
Senin, 16/09/2019 - 04:10:07 WIB
Presiden Setujui Dewan Pengawas KPK
Jokowi: Tidak Boleh Diisi Politisi, Birokrat, dan Aparat Hukum
Senin, 16/09/2019 - 03:52:24 WIB
Pemerintah Kerahkan 50 Helikopter Untuk Padamkan Kebakaran Hutan di Riau
Sabtu, 14/09/2019 - 01:37:54 WIB
Ditemukan Sejumlah Indikasi Penyimpangan
Lsm Minggu Depan Laporkan Proyek Polsek Sikijang di Kejati Riau
Sabtu, 04/03/2017 - 09:13:32 WIB
Keunggulan Ford Fiesta ST
Kencang dan Bisa Matikan Satu Silinder
Sabtu, 25/03/2017 - 20:00:28 WIB
Siapkan Motor Baru Lagi
Suzuki Kian Bergairah
Selasa, 23/10/2018 - 14:31:38 WIB
Keputusan Nafa Urbach jadi Caleg, Ini Respon Zack Lee
Jumat, 05/10/2018 - 13:26:48 WIB
KPK: Wali Kota Pasuruan Dapat Jatah 10 Persen dari Proyek Rp 2,2 M
Sabtu, 04/03/2017 - 09:05:49 WIB
Tidak Ada di Hatchback Lain
Fitur Baru Hyundai i20 Sport
Kamis, 18/10/2018 - 18:49:33 WIB
Trump Minta Bukti Rekaman Jurnalis Arab Saudi yang Hilang kepada Turk
Minggu, 26/02/2017 - 18:38:18 WIB
Hindari Barang Palsu
Berikut Tips Memilih GPS Mobil Terbaik
 
Pola Makan Tidak Terkontrol di Hari Lebaran
Tips Sederhana Mencegah Diare

- - , // - WIB
Ilustrasi. [nt]
Jakarta, Riausidik.com - Hari ini seluruh umat muslim di dunia merayakan hari raya Idul Fitri setelah 30 hari berpuasa. Di beberapa negara, hari raya Idul Fitri identik dengan berbagai sajian spesial yang biasanya hanya ditemukan saat lebaran, termasuk di Indonesia.

Lontong opor, sambal goreng hati, rendang dan sederet menu berlemak lainnya menghiasi hampir di semua umat muslim di Indonesia yang merayakan lebaran. Belum lagi sajian kue-kue kering dan minuman manis yang juga menjadi menu wajib saat lebaran.

Nah, sajian-sajian spesial saat lebaran ini memang tampak nikmat dan sayang jika dilewatkan. Namun apa jadinya jika kita tidak bisa mengontrol nafsu untuk melahap semua makanan tersebut?

Dokter spesialis gizi klinik dr. Inge Permadhi mengatakan bahwa pola makan tak terkontrol saat lebaran bisa memicu berbagai penyakit. Diare salah satunya.

"Diare banyak dialami saat lebaran karena pola makan berlebihan. Bayangkan saja setelah makan opor, rendang dan menu berat lainnya kita akan bersilahturahmi ke tetangga dan saudara lalu mencicipi kue-kue atau makanan yang disajikan," ujarnya pada temu media belum lama ini.

Ia menambahkan, setelah 30 hari berpuasa, perut sudah terbiasa dengan pola makan dua kali sehari saat sahur dan berbuka yang juga memiliki batasan. Namun ketika lebaran dijejali dengan aneka makanan tanpa batasan waktu, maka sistem pencernaan akan dipaksa untuk bekerja keras.

"Semuanya masuk ke dalam perut, padahal 30 hari sebelumnya kita berpuasa, saluran cerna istirahat. Sehingga ketika pola makan lebaran nggak benar, perut akan bereaksi dengan memicu diare," tambahnya.

Tak hanya diare, Inge juga memperingatkan pasien dengan riwayat penyakit kronis tertentu agar menjaga pola makannya selama lebaran. Pasalnya tak jarang rumah sakit kedatangan banyak pasien dengan berbagai keluhan setelah lebaran.

"Makanan enak saat lebaran biasa tinggi kalori, lemak, gula dan garam. Akibatnya kalau pola makan tidak dikontrol, hipertensi kambuh, diabetes kambuh. Bahkan nggak sedikit yang kena serangan jantung dan stroke karena pola makan berlebihan," imbuhnya.

"Jadi memang saat lebaran kita harus makan yang seimbang, konsumsi serat, air putih dan tetap beraktivitas agar penyakit tidak muncul saat lebaran. Sayang dong puasa 30 harinya," pungkasnya.

Tips Sederhana Mencegah Diare
Umumnya, diare timbul karena gaya hidup yang tidak sehat dan juga tidak higienis, maka dari itu anda dapat meruah pola hidup agar lebih sehat. dan berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat anda aplikasikan dalam kehidupan sehari hari untuk mencegah diare, dan diantaranya; Tips yang pertama yang dapat anda aplikasikan yakni dengan mencuci tangan sebelum dan juga sesudah makan dengan air yang sudah dilengkapi dengan pembunuh kuman.

Umumnya, diare berasal dari makanan yang dikonsumsi karena makanan tersebut mengandung kuman yang membuat perut mules.

Tips selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang sering dibeli dipinggir jalan. Biasanya, makanan yang dibuat dirumah lebih sehat dan higienis dibandingkan makanan di luar, oleh karena itu biasakan membawa bekal dari rumah untuk menghindari makanan yang dapat menyebabkan diare.

Umumnya, makanan dipinggir jalan cenderung tidak higienis dikarenakan makanan terkontaminasi oleh bakteri dan juga virus yang berasal dari debu dan juga kotoran dari udara luar.

Tips terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang dapat menimbulkan alergi, sehingga anda akan terhindar dari penyakit diare. Jika anda alergi pada susu, sebaiknya anda menghindari untuk mengkonsumsi susu, begitu pula makanan makanan yang lainnya. ***
 
 
HOME | ZONARiaU | POLITIK | EKONOMI | OLAHRAGA | PENDIDIKAN | BUDAYA | HUKUM | HIBURAN | NASIONAL | INTERNASIONAL | OTOMOTIF | INDEX
PROFIL | OPINI | PERDA | UNDANG-UNDANG | REDAKSI
Copyright 2011-2014 PT. Elis Pratama Media, All Rights Reserved